Selasa, 03 Juni 2008

pentingnya Akutansi

Aktivisku Di Akutansi Pelaporan

Aku memulai aktivitas di Bidang Akuntansi dan Pelaporan Kanwil VII Ditjen Perbendaharaan Bandar Lampung tanggal 10 Januari 2006. Bidang Akuntansi dan Pelaporan atau disingkat dengan AKLAP mempunyai tugas pokok memproses data Akuntansi dari Seksi Verifikasi dan Anggaran Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk dijadikan Laporan Keuangan Pemerintah Pemerintah (LKPP), mentransformasikan Sistem Akuntansi Intansi yang terdiri dari : SAPPA-W dan SAKPB-W kepada UAPPA-W dan membina Seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN.
Awal aktivitasku di Bidang AKLAP, banyak mengalami kesulitan karena tugas pokok bidang ini memerlukan pengetahuan komputer yang baik dan harus memahami dasar-dasar Akuntansi. Dibidang komputer yang harus dipahami adalah pengoperasian Aplikasi Akuntansi dan Pelaporan (AKLAP) Aplikasi Surat Perintah Membayar (SPM), Aplikasi Sistem Akuntansi Instansi (SAI), Database, Microsoft Word, Microsoft Excel.
Dengan pengetahuan bidang komputer yang telah aku kuasai sebelum mutasi kebidang AKLAP, yaitu pengetahuan Akuntansi dapatkan dengan mengikuti diklat di luar kedinasan Departemen Keuangan sebanyak 3 (tiga) sertifikat, pengetahuan komputer aku dapatkan dengan otodidak (Office 1997, Office 2003 dan Office 2007) ternyata dapat membantuku untuk melakukan aktivitas kembali didepan monitor.Beraktivitas didepan monitor, merupakan aktivitas yang menyenangkan bagiku. Karena ada sesuatu yang baru bagiku di bidang AKLAP, yaitu adanya komputer yang telah link ke Internet. Dengan fasilitas ini aku dapat belajar surfing, membuat, meng upload dan men download file dari electronic mail (email).
Kinerjaku di bidang Akuntansi dan Pelaporan (AKLAP) diawali dengan pembuatan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2005 pada bulan Pebruari 2006. Aku diminta langsung oleh Kepala bidang AKLAP untuk membuat Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK). Proses pembuatan Dokumen CaLK dengan mengunakan Microsoft word dan proses pembuatan Grafik dengan menggunakan Microsoft Excel. Sedangkan Neraca, Laporan Arus Kas (LAK) dan Laporan Realisasi Anggaran (LRA) diproses dengan Aplikasi Sistem Akuntansi Pemerintah (SiAP). Dibawah bimbingan Kepala Bidang AKLAP dan para Kepala Seksi, dibantu teman sekerja sebanyak 3 (tiga) orang laporan ini dapat di selesaikan.

Semua aktivitasku di Bidang Akuntansi dan Pelaporan Kanwil VII Ditjen Perbendaharaan Bandar Lampung, tidak ada kendala yang tidak dapat diselesaikan. Fasilitas teknologi informasi yang tersedia seperti : Personal Computer merk IBM, Local Area Network (LAN), akses ke internet via speedy dan VPN ID - MPLS serta dukungan sebagian teman sekerja tugas pokok bidang AKLAP dapat diselesaikan.
Aktivitasku di Bidang Akuntansi dan Pelaporan (AKLAP) berakhir terhitung mulai tanggal 7 Maret 2007 dimutasikan ke Bidang Pembinaan Perbendaharaan Kanwil VII Ditjen Perbendaharaan Bandar Lampung.

Bandar Lampung, 7 Maret 2007
Amarullah ibrahim Lubay email : amar.lubay@gmail.com

Tidak ada komentar: